Pasar Beringharjo


Sudah beberapa kali ke Pasar Beringharjo dari kecil, tapi saya enggak pernah naik sampai lantai atas. Pasti hanya berlalu-lalang di lantai dasar lihat-lihat batik. Kali ini saya punya kesempatan untuk "mengintip" seperti apa rupa di atas lantai dasar.  

Suka sekali dengan cat hijau dan payung warna-warni itu :)

Pasar Beringharrjo telah berubah warna -dalam arti kata yang sebenarnya- Seingat saya, dulu pasar ini berwarna krem kecoklatan. Tapi sekarang lihat saja hijaunya yang mencolok mata :)


Ternyata pasar ini juga besar sekali. Kalau dari depan kelihatannya biasa saja. Begitu masuk ke dalamnya dan naik sampai lantai atas, barulah terasa besar. Pasar Beringharjo terdiri dari dua bangunan, barat dan timur. Bangunan yang menghadap ke arah jalan Marlioboro adalah bangunan bagian barat, terdiri dari dua lantai. Sedangkan bagian timur ada tiga lantai. Saya menaikinya sampai bangunan timur lantai teratas. 


Selain aneka batik yang menggoda untuk dibeli, pasar ini juga menyediakan kebutuhan bahan pokok, jamu-jamuan, sampai rempah-rempah. Di lantai tiga bangunan timur, terdapat kios-kios yang menjual berbagai kerajinan tangan dari bermacam bahan alam. Bukan hanya yang bentuk sudah jadi saja, banyak pula kios yang menjual bahan-bahan mentah untuk membuat kerajinan tersebut.


Di Pasar Beringharjo saya membeli kotak seserahan, tas, dan kancing batok. Uh, sebenarnya saya gemas sekali pengen beliiii semua kerajinan yang ada :p Sungguh, ya, menyenangkan menikmati pasar tradisional ini...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

domba kapas

Griya Sastrowardoyo