Andy Warhol: 15 Minutes Eternal



Bus ini tepat melintas di hadapan saat saya berada di sekitar Chinatown, Singapura. Uh, warna pink neon-nya sungguh "memekakan" mata apalagi saat itu siang yang teriknya minta ampun!

Saya langsung sadar kalau bus tersebut digunakan sebagai alat promosi pameran yang bertajuk "Andy Warhol: 15 Minutes Eternal." Yup, pada bagian belakang bus memang terdapat gambar Andy Warhol berkacamata. Sangat "Andy Warhol" sekali! 

Jika berada di Singapura sampai 21 Oktober 2012, bolehlah mampir ke ArtScience Museum di Marina Bay Sands, tempat diselenggarakannya pameran tersebut. Karya-karya Andy Warhol dari awal kemunculannya sekitar tahun 1940-an sampai akhir hayatnya tahun 1980-an terpampang di sana. Lebih dari 260 lukisan, gambar, patung, video, dan film dari "dewa-nya" POP ART ini bisa kita lihat. 

Rencananya pameran yang diadakan sebagai tanda memperingati 25 tahun meninggalnya Andy Warhol, hanya sampai 12 Agustus saja (cek tulisan di bus). Namun dari website resmi http://www.marinabaysands.com, pameran tersebut sepertinya diperpanjang hingga 21 Oktober 2012.

Oya, tapi untuk menikmatinya enggak gratis, ya. Hehehe... Kita harus membayar $ 15. Exhibition ini ternyata juga enggak hanya akan ada di Singapura saja. Setelah dari Marina Bay Sands, karya-karya Andy Warhol akan berkeliling ke Hongkong, Shanghai, Beijing, dan Tokyo hingga 2014. Masyarakat Asia yang menggilai karyanya berkesempatan untuk melihatnya dari dekat -tidak perlu jauh-jauh ke Pittsburg, tempat The Andy Warhol Museum berada.

Salah satu kata-katanya yang populer dan enggak akan terlupakan adalah “in the future, everybody will be world-famous for fifteen minutes." Apa yang dikatakannya benar-benar terjadi. Siapa yang dulu menduga quote-nya ini bisa menjadi kenyataan? :)

    








Komentar

Postingan populer dari blog ini

domba kapas

Griya Sastrowardoyo

Pasar Beringharjo