Klappertaart



Gambar di atas ini makanan asal Manado. Klappertaart namanya (semoga penulisan namanya benar, ya). Setahu saya, makanan ini sebenarnya berasal dari Belanda. Saat Belanda masih jadi penguasa negeri, beberapa makanan khas negara itu, termasuk Klappertart pun diperkenalkan ke masyarakat kita. Ternyata Klappertaart ini berkembang sekali di Manado.

Saya asli orang Jawa. Tapi kalau buat urusan mulut, saya pemakan segala rupa. Mau makanan kampung sampai makanan Wong Londo saya makan dengan senang hati *asalkan enggak terlalu pedas :) Dan saya suka makanan manis. Pertama kali mencoba Klappertart yang rasanya manis ini, saya langsung jatuh cinta. :D

Saudara saya (namanya Mba Fanny) memberikan saya kursus gratis membuat Klappertaart beberapa tahun lalu. Sampai sekarang saya masih suka membuatnya, meskipun enggak terlalu sering. Ini dia resep Klaapertart yang suka saya bikin:

Bahan:
- 2 buah kelapa (ambil dagingnya)
- 1 liter susu cair
- 2 kuning telur
- 10 sdm gula putih
- 5 sdm tepung terigu
- 1 sdt rum (kalau mau atau bisa diganti dengan essence vanilla)
- kismis secukupnya
- air secukupnya (kira-kira setengah gelas)

Cara membuat:
1. Kocok gula, tepung, kuning telur, dan air sampai menjadi adonan yang rata.
2. Campur adonan ke dalam susu cair. Panaskan dengan api sedang sambil diaduk-aduk.
3. Setelah mengental masukan kelapa, rum, dan kismis.
4. Masukan adonan tersebut ke pinggan tahan panas dan tabur kismis di atasnya.
5. Panggang di oven selama kurang lebih 25 menit.
6. Setelah matang, keluarkan dan diamkan dulu beberapa saat sebelum di masukan ke dalam kulkas. Yap, Klappertaart dingin lebih nikmat, saudara!

Seriuosly, ini makanan enak banget (kalau kata saya). :)

*Nb:
- Untuk variasi bisa juga tambahkan buah-buahan segar, seperti strawberry ke dalam adonan dan hiasan di atasnya.
- Kalau enggak suka terlalu manis, takaran gula bisa dikurangi.

*photo and edited by me



Komentar

Postingan populer dari blog ini

domba kapas

Griya Sastrowardoyo

Pasar Beringharjo